Friday, June 11, 2010

[karisma_honda] sengitnya persaingan sepeda motor

 

dear om momod, numpang benwith yah. trims

sumber (http://edorusyanto.wordpress.com)

artikel lain



Sengitnya Persaingan Pasar Sepeda Motor

 

 

AROMA ketatnya persaingan sepeda motor pada lima bulan pertama 2010 kental sekali. Terutama persaingan di posisi pertama dan kedua pemimpin pasar. PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) saling mengejar. Ibarat persaingan di ajang balap sepeda motor MotoGp. Siapa lengah, bakal tertinggal.

Sengitnya YMKI, agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha, mengejar AHM, ATPM sepeda motor Honda, menyedot adrenalin. Sepanjang Januari-Mei 2010, Yamaha sempat mendahului Honda pada Januari, Februari, dan April. Sedangkan Honda, setelah bekerja cukup keras, mengimbanginya pada Maret dan Mei 2010. Secara akumulasi, dalam lima bulan, Honda tetap mempertahankan dominasinya dengan selisih 28.472 unit.

"Penguasaan market share bukan tujuan utama, terpenting kepuasan konsumen," tutur Johannes Loman, wakil presiden direktur PT AHM, pada suatu ketika.

Pernyataan rendah hati itu wajar saja, mengingat waktu membuktikan bahwa produsen berlogo sayap tunggal itu masih mampu bertengger di posisi nomor satu.

Sepanjang enam tahun terakhir, untuk periode Januari-Mei, Honda selalu menempati posisi teratas. Yamaha selalu setia mendampingi di posisi kedua, kecuali pada 2005, ketika itu, Suzuki sempat menjadi runner up dan Yamaha di posisi ketiga. (lihat grafik)

 

Saling kejar

Yamaha memang cukup alot. Terus mengejar dengan segala strategi. Dari sekian jurus, strategi mengeluarkan scooter automatic alias skutik pada 2005, berbuah manis pada tahun-tahun selanjutnya.

Dari tiga segmen sepeda motor yakni bebek, skutik, dan sport, Yamaha memimpin di dua segmen kecuali bebek. Keunggulan Honda di segmen bebek tak terlepas dari citra Honda yang terkenal irit bahan bakar minyak (BBM). Faktor lain yang amat konvensional adalah citra harga jual kembali di pasar sekunder yang masih dalam kategori lumayan. Misal, beli sepeda motor pada harga Rp 10 juta, jika dijual kembali dalam setahun masa pakai, harganya tidak terdiskon habis-habisan. Tentu saja jika dalam kategori kondisi masih baik.

Namun, dalam perjalanan, tren konsumen bergerak liar. Kondisi lalu lintas jalan yang padat dan cenderung macet di kota-kota besar, menggeser pilihan dari segmen bebek ke skutik. Lihat saja tren skutik yang terus membubung, jika pada 2005 pangsa pasarnya baru 0,22%, per Mei 2010 sudah mencapai 40,71%.

Yamaha sadar betul. Karena itu, buru-buru mempertajam penguasaan market share dengan meluncurkan satu lagi varian skutik yakni Yamaha Xeon 125 pada 30 April 2010. dan, hal itu cukup mujarab. Sepanjang Mei, Xeon terjual sebanyak 3.279 unit. "Kami optimistis Xeon dapat diterima pasar karena teknologinya mengadopsi sepeda motor balap Yamaha," tutur Dyonisius Beti, presiden direktur PT YMKI.

Kini, Yamaha memiliki tiga varian skutik yakni Yamaha Mio, Mio Soul, dan Xeon. Cengkeraman produsen berlambang garpu tala itu kian kokoh. Walau Honda mencoba terus mengejar, salah satunya dengan meluncurkan satu lagi varian skutik dengan tema retro modern, Honda Scoopy. Sama dengan Yamah dan Suzuki, PT AHM memiliki tiga varian skutik yakni Honda Vario, Honda Beat, dan Honda Scoopy. Sedangkan Suzuki mengandalkan Spin, Skydrive, dan Skywave.

Kembali ke persaingan yang kian ketat. Honda yang belakangan terus dipepet Yamaha, terus berbenah. Untuk mensiasi segmen sport yang juga dikuasai Yamaha, pada 7 Juni 2010, mengubah tampilan Honda Tiger. Bahkan, kabarnya Honda juga sedang menyiapkan sepeda motor sport anyar di kelas 150 cc. Demikian pula Suzuki, menurut Rudjojo Nirjana, direktur penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), terus berbenah di antaranya dengan mempersiapkan sepeda motor sport. "Kami optimistis penjualan meningkat karena mempunyai varian baru Suzuki Titan," papar dia.

Suzuki hingga kini masih bertahan di posisi ketiga, lebih baik ketimbang Kawasaki yang tetap anteng di posisi keempat.

Ya. Persaingan sepeda motor, khususnya di antara anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), masih didominasi keempat produsen tersebut yakni Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Penjualan delapan anggota Aisi  hingga kini menguasai lebih dari 95% pasar domestik. Di luar mereka ada pemain kecil seperti PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) dengan produk andalannya Bajaj Pulsar dan PT Minerva Motor Indonesia (MMI) dengan andalan Minerva R150 dan Megelli 250. (edo rusyanto)



artikel lain

__._,_.___
Recent Activity:
- KOPDAR RUTIN KHCC 1x 1 bulan, minggu pertama hari Jum'at, Pelataran Patung Panahan Senayan, Jam 18.30 - 21.30
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, silahkan kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link:       http://www.khcc.or.id
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___