dear om momod, numpang benwith yah, trims sumber (http://edorusyanto artikel lain TVS Terus Merambah Pasar PT TVS Motor Company Indonesia (TVS) bisa tersenyum lebar. Akhirnya, produsen sepeda motor asal Di Indonesia, TVS termasuk investor yang cukup serius membidik pasar sepeda motor domestik.. Tengok saja komitmen mereka yang menyiapkan investasi sebesar US$ 50 juta. Dana itu untuk membangun pabrik berkelas dunia di atas lahan seluas 20 hektare (ha) di Surya Cipta Industrial Estate, Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut berkapasitas sebesar 300.000 sepeda motor per tahun. Langkah investasi yang jitu sekaligus mendorong investasi di Tanah Air. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sambutan peresmian pabrik pada 16 Juli 2007 bahkan mengimbau kepada jajaran pemerintah daerah untuk terus menggalakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Kita harus terus memajukan investasi di seluruh Chairman PT. TVS Motor Company India Venu Srinivasan saat itu juga menegaskan bahwa mereka akan menambah investasi menjadi US$ 100 juta pada 2010. TVS yang mulai beroperasi di Indonesia sejak 16 Juli 2007 itu, memiliki tiga produk andalan yakni di segmen sepeda motor bebek, TVS Neo dan TVS Rockz, sedangkan di segmen sport TVS Apache RTR 160. Penjualan TVS juga tergolong lumayan. Sepanjang Januari-April 2010, TVS mengantongi penjualan 6.106 unit. Kontribusi terbesar masih tipe bebek yakni 5.581 unit (91,4%) dan sport 525 unit (8,6%). Di pasar sepeda motor domestik, TVS mengantongi pangsa pasar 0,26%, andalan mereka yakni tipe bebek, berpangsa pasar 0,46% dan sport sebesar 0,26%. Di India terdapat TVS Group yang didirikan pada 1911. TVS kini memiliki lebih dari 30 anak perusahaan dengan pendapatan lebih dari US$ 2,7 miliar dan memiliki lebih dari 30 ribu karyawan di seluruh dunia. TVS Motor memiliki tiga pabrik berkelas dunia dengan fasilitas modern di India, yaitu di Hosur (70 hektare), Mysore (seluas 110 hektare), Himachal Pradesh (seluas 20 hektare), dan di Indonesia (20 hektare). Selain itu TVS Motor Company juga memiliki 2.500 pusat layanan konsumen di seluruh India. Pada 2007, perusahaan tersebut berhasil menjual lebih dari 1,5 juta sepeda motor. Di India, pangsa pasar sepeda motor dikuasai Honda (58%), Bajaj Auto Ltd (30%), dan TVS Motor Co (8,6%). (edo rusyanto) |
==========================================================================
- Info, masukan, saran maupun kritik untuk KHCC, silahkan kirim email ke : pengurus@khcc.or.id
===========================================================================
Related Link: http://www.khcc.or.id