Friday, June 18, 2010

Re: [honda-tiger] Diskusi html dengan jhc dan designer honda japan di jhc(was: (OOT) Honda Facelift==>titip aspirasi)

 

Berharap LAHIR HONDA TIGER 2000 BERCHASING KAYAK NINJA 250 RR.... Beli 1 warna ITEM atawa SILVER......

Supir Andong SWADARMA RAYA CILEDUX

Motto : LEBIH OPER GIGI DARIPADA OPER ACTING

--- On Thu, 17/6/10, Dedy Mahdan <dedy_mahdan@yahoo.com.sg> wrote:

From: Dedy Mahdan <dedy_mahdan@yahoo.com.sg>
Subject: Re: [honda-tiger] Diskusi html dengan jhc dan designer honda japan di jhc(was: (OOT) Honda Facelift==>titip aspirasi)
To: honda-tiger@yahoogroups.com
Date: Thursday, 17 June, 2010, 11:10 AM

 

Njirr..yang kaya Pringgo gini nih yg bikin pusing orang AHM.

----- Original Message -----

From: Pringgodani Kusdono

To: honda-tiger@yahoogroups.com

Sent: Thursday, June 17, 2010 8:12 AM

Subject: Re: [honda-tiger] Diskusi html dengan jhc dan designer honda japan di jhc(was: (OOT) Honda Facelift==>titip aspirasi)

Jujur nih om Patra,

kalo tiger "besok" hanya sekedar naik ke 250cc...

Taruhlah jadi CBX250 yang spek nya 250cc, DOHC, Oil Cooler....

Hmmm....

Saya masih gak berniat mengganti tiger saya sekarang dengan (misalnya)

CBX250...

memang model CBX 250 cakep...

Ban lebih gede dan padat,

Mesin lebih besar (250 cc),

dan DOHC, pake Oil Cooler pula...

Tapi sebenarnya teknologi itu udah kuno menurut saya...

hanya menang tampilan...

dan saya juga males kalo cuma menang "lebih besar", lalu perawatan masih

konvensional...

Saya udah liat spek CBX250...

Ganti oli periodik aja 1,2 liter... males banget beli 2 botol oli..

beli dua botol ada sisanya pula... males nyimpen/ bawa-bawanya... sisanya

dibuang... sayang... apalagi kalo lagi touring...

udah gitu CBX250 masih karburator...

males banget harus bongkar-bongkar karbu kalo servis rutin... makan waktu

lama

karburatornya pun vakum...

secara teknologi sih emang karburator vakum bikin bensin lebih irit, tapi

hentakan mesin menjadi tidak lebih responsif dibanding karbu tiger sekarang

yang pake TPFC (pompa akselerator) dan Air Cut Off Valve...

Coba kalo PGM-FI,

Hampir gak udah diservis tuh throttle body...

kalo bongkar paling cukup disemprot-semprot injector cleaner doang bagian

mulut throttle body nya saat mesin hidup...

Pengapian PGM-FI pun pintar... bisa tahu kapan dia harus menyalakan api

busi...

Supply bahan bakar PGM-FI juga pintar, dia pasti mengatur dengan "TEPAT"

berapa bahan bakar yang harus disemprotkan ke ruang bakar... dia akan selalu

menjaga campuran bahan bakar dan udara di rentang 1 : 14,7...

Sangat efisien bahan bakar sekali dan ramah lingkungan....

Saat pagi hari misalnya,

Sensor-sensor membaca suhu oli dan udara dingin,

maka setelah semua data dari sensor terkumpul di komputer PGM_FI, bensin

disupply lebih banyak dan skep gas sedikit dibuka...

Jadilah begitu sekali tekan tombol stater, mesin langsung hidup dan rpm

sedikit agak tinggi...

namun setelah suhu mesin dianggap ideal, komputer PGM-FI akan menormalkan

kembali supply bensin dan stasioner (rpm) mesin.

Begitu pula saat kita di tempat yang suhu udaranya dingin seperti di gunung,

supply bensin terhadap udara juga akan diatur oleh komputer PGM-FI secara

tepat...

Ketika dihadapkan di jalan menurun...

kalau mesin ber kaburator pasti akan nyedot bensin melulu sesuai dengan

putaran mesin...

nah,

mesin dengan PGM-FI tidak begitu

komputer akan logis membaca situasi...

di jalan menurun, kok tidak ada pembacaan sensor bahwa pengendara sedang

menarik gas...

tapi kok putaran mesin tinggi sekali...

situasi ini dibaca komputer PGM-FI adalah situasi di jalan menurun...

maka bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar hanya sedikit sekali, yah

asal buat engine brake aja....

beda banget kan sama karburator?

Boros dan lebih gak ramah lingkungan banget karburator...

karburator bisa sih menyesuaikan dengan segala lingkungan dan konsisi...

tapi ribet banget....

harus atur:

- PILOT JET

- MAIN JET

- POSISI KLIP JARUM SKEP

- SETELAN SKEP (GAS)

- SETELAN SKRUP UDARA (AIR SCREW)

Gila....

Saya sih ogah banget repot kayak gitu...

mending biarin komputer aja yang ngatur sendiri dan saya terima beres...

saya sih ibaratnya disuruh jalan dari jakarta ke bandung lewat jalur puncak,

saya males banget nyeting2 karbu dan pengapian biar pembakaran mesin ideal

terus...

Kalo masih bingung,

coba deh lihat busi mesin-mesin yang injeksi...

warnanya selalu merah bata (tanda pembakaran sempurna)

kalo karbu?

coba aja...

misalnya di jakarta warna businya ideal,

coba pake ke puncak trus dibuka lagi...

pasti warna businya lain lagi, karena sepanjang bogor sampe puncak suhunya

dingin dan berpengaruh terhadap pembakaran.

Kalo mesin injeksi elektronik, mau dibuka dimanapun businya akan sama

warnanya dan selalu ideal pembakarannya karena supply bahan bakar,

pengapian, dan waktu pengapian selalu tepat dan sesuai kebtuhan mesin.

Ada yang bilang komputer injeksi elektronik umurnya gak bisa ditebak ntar

kalo rusak gimana?

Liat aja kijang EFI atau yang seperti dicontohkan kemaren deh Great Corolla

yang pake EFI...

Sampe sekarang udah 18 tahun pun jarang banget yang bermasalah...

kalaupun bermasalah memang karena fatal seperti mobil nyemplung banjir

dsb...

ya iya lah.. kendaraan kan gak di design untuk berenang. salah siapa coba...

xixixixi...

Masih banyak sih yang pengen saya ketik, tapi dah harus kerja... :(

Balik ke topik aja deh...

Mau sekeren apapun aksesoris mesinnya (DOHC, OIL COOLER, dsb),

kalo pembakaran dan efisiensi mesinnya gak oke mah sama aja bohong...

Berkaca ke Ninja 250...

Ninja 250 yang masuk ke indonesia itu karburator, padahal diluarnya ada yang

injeksi elektronik.

Banyak bengkel yang gak punya Vacuum Meter, sehingga setingan karbunya jadi

"pincang".

Kan konyol jadi kalah sama Ninja RR 150?

masa Ninja 250 cuma bisa lari 160 sedangkan Ninja RR bisa 190.

terlepas dari 2 tak atau bukan,

seharusnya kalau setingannya bener, Ninja 250 bisa lari lebih dari itu...

dan ini sudah ada yang membuktikan (dengan setingan bahan bakar dan

pengapian yang tepat)

Bagi saya (pribadi) sih masih lebih baik ganti baju daripada cuma

"memperbesar segala tampilan"

saya masih milih merawat dan memakai tiger sekarang yang 200 cc,

daripada saya memakai kendaraan yang harus lebih banyak poin perawatannya

tapi gak ada sesuatu teknologi yang mempermudah (meringankan) poin perawatan

kendaraan tersebut .

Tapi kalau emang ada tiger PGM-FI, insyaAllah saya bela-belain beli meskipun

harus kredit karena pasti saya akan ngoprek komputer injeksinya biar

mantap...

Gak perlu beli banyak Spuyer lagi untuk dicobain satu-satu dan bongkar

pasang karbu...

gak perlu setel-setel lagi sklup udara....

Hahaha...

*angan-angan...

Yang jelas AHM akan menejual produk yang pas untuk selera & kemampuan

masyarakat indonesia.

--

Pringgodani K.

Sent from my mobilephone®

POWERED by PLN 220 Volt, 2.200 VA

2010/6/17 patra putra <radenpatra@gmail.com>

> Mantab Bro Ulasannya...

>

> *nungguin mesin tiger 250 CC*

>

> On 6/16/10, Pringgodani Kusdono <pringgomail@gmail.com> wrote:

> > Saya sih lagi nulis, baru jadi draft di blog saya, blom bisa dilanjutin

> > karena kerjaan lain masih ada.

> >

> > Intinya yah tiger tetep bertahan di tiger, mungkin kembali ke model awal

> > yang neo classic...

> >

> > acuannya kalo menurut pengamatan saya ke arah CB 400 SF Hyper VTEC..

> >

> > mesin mungkin naik ke 250 cc,

> > kalo ke 300 cc mungkin udah masuk ke barang mewah (regulasi indonesia)

> > sehingga akan berat di pajak dan menambah harga jual

> > Tapi mungkin ada opsi naik ke 230 cc sih mana yang lebih ekonomis aja

> >

> > Diskusi kemarin saya lihat peserta lebih ke arah "penampilan", tanpa

> > memperhitungkan harga dan teknologi yang logis terhadap motor.

> >

> > Misalnya ingin pakai radiator,

> > motor ber-radiator itu biasanya mesinnya tidak sanggup didinginkan hanya

> > menggunakan udara, makanya dia dibantu pakai air dan air mengambil panas

> > dari seluruh daleman mesin (kalau udara kan cuma permukaan luar mesin

> saja).

> >

> > Mesin motor ber radiator identik dengan kompressi tinggi, kompressi

> tinggi

> > butuh bahan bakar yang RON nya tinggi.

> > Coba kita survei, berapa banyak yang masih pake premium dan berapa banyak

> > yang sudah pakai bensin non subsidi...

> > Jawabannya yah banyakan pengguna tiger yang pake premium...

> > Jadi?..... heheheh...

> >

> > Oil Cooler juga gitu lah...

> >

> > jujur, penambahan teknologi mengharuskan poin perawatan juga ditambah.

> > Tangki aja pada jarang dikuras, minyak rem juga gak pada rutin dikuras...

> > Gimana kalo ada radiator...

> > sampe jebol dan bocor dulu baru deh dibenerin... itupun biasanya hanya

> > ditambal radiatornya, bukan diganti.. hahaha..

> >

> > Trus,

> > Minta mesin DOHC...

> > bener mayoritas udah sanggup?

> > kita jangan melihat kita...

> > coba lihat mayoritas pengguna tiger...

> > beli noken as satu biji yang asli aja (harga 198 ribu) suka ogah...

> >

> > Gimana kalau noken as nya 2?

> >

> > DOHC juga menuntut rantai mesin (keteng) yang panjang,

> > otomatis harga rantai mesin juga akan naik

> >

> > DOHC biasanya klep nya 4?

> > beli klep 2 biji yang asli aja mayoritas pada ogah... hahaha...

> >

> > Ada yang bilanfg pengen 2 piston biar kayak ninja...

> > waduh...

> > beli piston satu aja udah ngap-ngapan... makanya mayoritas pada pake

> piston

> > murah meriah...

> > gimana kalo piston, ring piston, dan liner harus di oversize...

> >

> > Yah agak aneh emang...

> > Tapi itulah kita...

> >

> > Ujung-ujungnya nanti di HARGA JUAL juga kok...

> >

> > hehehe...

> >

> > --

> > Pringgodani K.

> >

> > Sent from my mobilephoneŽ

> > POWERED by PLN 220 Volt, 2.200 VA

> >

> >

> > 2010/6/15 patra putra <radenpatra@gmail.com>

> >

> >>

> >>

> >> Bro, ada yang ikut acara diskusi html dengan jhc dan designer honda

> >> japan di jhc nggak,

> >>

> >> dishare dong hasil diskusinya di mari.

> >>

> >> Terima kasih sebelumnya

> >>

>

[Non-text portions of this message have been removed]

----------------------------------------------------------

Tidak ada virus ditemukan dalam pesan masuk.

Diperiksa oleh AVG - www.avg.com

Versi: 9.0.829 / Basis Data Virus: 271.1.1/2942 - Tanggal Rilis: 06/17/10 01:35:00

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
-------------------------------------------------------
HONDA-TIGER MAILING LIST, Where Brotherhood Has No Limit
-------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___